Selamat Datang Di Dealer Resmi Toyota Pusat Makassar Dapatkan Diskon Khusus Bulan Ini Pesanan Melalui Website Resmi Kami! Hanya Di Sini Pastikan Harga Unit Anda Termurah!
Menu
Model
Beranda » Berita Terbaru » Sistem Transmisi CVT Toyota

Sistem Transmisi CVT Toyota

Dipublish pada 1 November 2018 | Dilihat sebanyak 344 kali | Kategori: Berita Terbaru

Ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Seiring kemajuan teknologi, Toyota terus mengikuti arus perkembangan dunia dengan memberikan produk yang terbaik bagi pelanggannya di Indonesia. Salah satu wujud konkret dilakukan dengan melakukan beberapa update seperti pengaplikasian sistem transmisi Continously Variable Transmission atau CVT.

Seperti diketahui, All New Toyota Yaris menjadi salah satu produk terbaru yang sudah mengusung teknologi CVT pada sistem transmisinya. Banyak komentar mengatakan kalau CVT itu membuat sensasi perpindahan transmisi itu terasa lebih smooth di bandingkan dengan matik konvensional. Apa benar begitu?

Suparman selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, menjelaskan, keberadaan CVT mampu membuat pengalaman baru dalam berkendara, khususnya bagi yang sebelumnya menggunakan transmisi otomatis (matik) biasa. Bila dibandingkan, salah satu hal yang paling signifikan adalah mulusnya tiap perpindahan gigi yang tanpa ada hentakan.

BACA JUGA : Promo Toyota Oktober 2018

“Seperti yang sebelumnya dijelaskan, keberadaan puli ganda dan sabuk baja membuat CVT memiliki rasio gigi luas. Tiap puli didorong oleh sistem pompa fluida, berdampak pada beban kerja mesin yang lebih ringan. Masing-masing puli tadi akan menyesuaikan dengan kecepatan mobil sehingga terjadi perpindahan yang lebih smooth tanpa hentakan,” ujar Suparman.

Dengan sistem kerja CVT yang lebih praktis, serta dorongan dari sistem pompa fluida yang disesuaikan dari putaran mesin, membuat beban kerja mesin akan lebih ringan yang dampak langsungnya berimbas pada sisi kehalusan serta efisiensi.

Bukan hanya itu, selain menyajikan distribusi yang halus pada setiap perpindahan kecepatan, transmisi CVT Toyota juga bisa diperasikan dalam dua mode, yakni otomatis dan manual. Caranya pun tidak repot, untuk mode otomatis cukup letakan tuas pada posisi D (drive), sementara operasi manual, dengan menggeser tuas dari D ke posisi M (manual).

BACA JUGA: New Camry

Menariknya lagi, keberadaan transmisi CVT pada All New Yaris juga dipadukan dengan fitur “Paddle Shift” yang berada tepat di belakang kemudi. Adanya fitur membuat pengendara dengan mudah bisa memindahkan gigi percepatan layaknya mengemudikan sebuah mobil balap tanpa repot memegan tuas tranmisi.

“Mode manual pada transmisi CVT Toyota dimungkinkan berkat sistem komputer transmisi dan torque converter. Kedua sistem ini berguna untuk menjaga posisi belt dan tiap puli dalam kondisi tertentu, sehingga saat terjadi pergantian percepatan dapat menghasilkan sensasi layaknya menggunakan transmisi manual,” papar Suparman.

Auto2000

1 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda

Dipublish pada 1 November 2018 | Dilihat sebanyak 556 kali | Kategori: Berita Terbaru

Anda harus merawat kaca mobil. Kondisi kaca mobil yang kotor akan membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Selain tentunya mengganggu visibilitas keluar. Apalagi saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Kaca mobil yang tidak berfungsi dengan baik akan menyulitkan Anda... selengkapnya

Sistem Transmisi CVT Toyota

Dipublish pada 1 November 2018 | Dilihat sebanyak 344 kali | Kategori: Berita Terbaru

Ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Seiring kemajuan teknologi, Toyota terus mengikuti arus perkembangan dunia dengan memberikan produk yang terbaik bagi pelanggannya di Indonesia. Salah satu wujud konkret dilakukan dengan melakukan beberapa update seperti pengaplikasian sistem transmisi Continously... selengkapnya

Saat Toyota 2000GT Klasik Hidup Kembali

Dipublish pada 26 September 2018 | Dilihat sebanyak 377 kali | Kategori: Berita Terbaru

Banyak yang tidak mengetahui pada 1967 Toyota pernah mengandalkan coupe yang disapa Toyota 2000GT. Tampilan klasik dengan memiliki dua pintu dengan hardtop membuat mobil ini digilai pada zamannya. Toyota 2000GT Foto: Pool (Autoevolution) Kali ini salah satu desainer otomotif asal... selengkapnya

× Chat WA